PLN tanpa subsidi

PLN tanpa subsidi.

wouw, bacanya gimana gitu..

PLN yang selama ini disubsidi oleh pemerintah, apa mungkin bisa lepas dari subsidi. Mari kita tinjau ulang guyys.

“PLN diberi subsidi karena apa ya?”

–> Harga jual listrik lebih murah dari harga seharusnya. Artinya PLN rugi. Namun, dengan bantuan subsidi, maka PLN bisa tetap menjual produknya.

 “Kalo tanpa subsidi, apakah memungkinkan konsumen untuk tetap bisa mengkonsumsi listrik?”

–> Mungkin bangedh, dan pasti bisa! Asalkan, konsumen mau membayar lebih mahal. Udah ada PLN percontohan, seperti PLN Batam dan PLN Tarakan. Dan PLN Distribusi Bali pun diproyeksikan jadi perusahaan mandiri, seperti Batam dan Tarakan.

“Saat ini harga jual listrik di Bali rata-rata rata-rata Rp890 per kwh, sedangkan biaya produksinya mencapai Rp1.900 per kwh. Harga jual rata-rata pelanggan dari kalangan rumah tangga Rp300-400 per kwh, sedangkan perhotelan Rp1.140 per kwh.”

Check this out!

http://news.okezone.com/read/2011/09/19/320/504415/wah-pelanggan-pln-di-batam-bayar-listrik-lebih-mahal

http://www.batampos.co.id/02/01/2012/memproteksi-kebutuhan-listrik-rakyat-batam.batampos

http://www.ciputranews.com/ekonomi-bisnis/pln-distribusi-bali-diproyeksikan-jadi-perusahaan-mandiri

 

__ mbak bro, ntar dilanjut ya….. 🙂

Advertisements

Organisasi PLN itu besaaarrr euyy

PLN.

Orang awam akan beranggapan PLN adalah tentang bayar listrik dan padam listrik. Padahal sebenarnya banyak bidang/bagian di PLN. Banyak bagian lain yang ternyata tidak berhubungan langsung dengan pelanggan loh…

contohnya cerita berikut.

“pelayanan pelanggan bukan menjadi bisnis inti unit kami masing-masing”.

Ria adalah salah satu staf di PT PLN (Persero) UIP KIT SULMAPA.yang adalah unit pembangunan proyek. Suatu hari seseorang mendatangi Ria, Ternyata dia adalah seorang pelanggan PLN yang ingin melakukan pembayaran listrik. ia yang tidak berhubungan dengan pelayanan pelanggan seketika bingung. Dia dengan bijak berusaha mengarahkan si pelanggan ke tempat yang seharusnya tapi tetep ajah ada yang nyasar ke kantor mau bayar listrik. “Sebenarnya nahan ketawa sih tapi tetep harus menjelaskan bahwa unit ini adalah unit pembangunan pembangkit dan nunjukin kantor PLN sebelah yang memang khusus melayani pelanggan PLN. Kalo mau bayar listrik di loket pembayaran yang lokasinya sebelah kantor paaakkk, hehe,,.”, curhat Ria ke teman-teman di unit lain.

Dilema, tentunya dirasakan oleh pegawai-pegawai yang tidak pernah berkecimpung di bagian pelayanan pelanggan, tapi kedilemaan ini perlu di-move on loh. Caranya gimana? Mungkin dengan banyak bergaul dengan teman-teman di bagian yang mengurusi pelayanan pelanggan, atau banyak browsing, atau cobalah menempatkan posisi sebagai pelanggan baru. atau apalagi ya.. kayaknya perlu tau juga nih tentang unit PLN, cekidott yaah http://www.pln.co.id/?p=127

Embedded image permalink

(picture from: https://twitter.com/vibrysaras/status/281232308944637952/photo/1/large )

Created by: Ira, Berkat, Ria, Vibry

.

orang pintar pakai Smart Grid

opo iku smart grid? gw ngerasa pinter nih, mau dong pake yang pinter-pinter.. wkwkkwhahahwahhaha…

Smart Grid itu .. istilah kerennya Jaringan Listrik PINTAR. Kenapa pintar? karena :

“Smart grid adalah jaringan listrik yang secara cerdas mengintegrasikan aksi-aksi dari seluruh pengguna yang tersambung di dalamnya mulai dari pembangkit, perangkat transmisi, dan konsumen untuk mengantarkan listrik dengan efisien, berkelanjutan, ekonomis dan aman.”

“Smart grid merupakan system ketenagalistrikan generasi baru yang dicirikan oleh meningkatnya penggunaan komunikasi dan teknologi informasi  dalam pembangkitan, distribusi, dan konsumsi energy listrik. Kini sedang terjadi usaha di seluruh dunia untuk mengubah system ketenagalistrikan dunia menuju Smart Grid tersebut. Diagram sistem Smart Grid sebagai berikut,

sp_sg_framework

 

Emang kalau pake smart grid ngefek nya apa  gitu buat gw?

Smart Grid ngajarin loe tentang pentingnya jaga alam and jaga kelakuan loe untuk tetap hemat…hihihihi… intinya yang bisa didapat dari smart grid itu :

– bisa meningkatkan pemanfaatan energi baru dan terbarukan sehingga mengurangi emisi karbon

– bisa membuat Konsumen tahu berapa listrik yang digunakan, harga listrik secara realtime (sehingga dia tahu kapan harus menggunakan listrik agar biayanya lebih murah)

– konsumen disajikan pilihan sumber energi, fosil atau terbarukan seperti panas bumi, berikut harganya. (Semakin banyak pengguna yang memilih untuk menggunakan listrik dari energi terbarukan, akan semakin besar tuntutan bagi perusahaan listrik untuk membangun pembangkitnya)

– perusahaan penyedia listrik lebih mudah dalam hal pemeliharaan, sekaligus pencegahan terhadap terjadinya masalah pada pembangkit, jaringan transmisi, dan distribusi. Perusahaan listrik juga bisa mengetahui secara cepat apabila terjadi gangguan dalam sistemnya.

 

btw,, entar kudu dilanjutin lagi,, kerja dulu yowww! cemangakkk!!

 

more info :

http://smartgrid.ieee.org/

http://www.wwf.or.id/berita_fakta/berita_fakta/newsclimateenergy.cfm?17740/RI-perlu-manfaatkan-smart-grid

http://hme.ee.itb.ac.id/2010/05/17/smart-grid/

 

sampah jadi listrik euy

Gimana bisa ya sampah jadi listrik?

Begini ceritanya;

1. Pisahin dulu sampah organik dan anorganik. Yang bakal dipakai adalah sampah organik.

2. Sampah organik ditumpuk sampai menggunung, biar nggak bau, atasnya ditutup rapat pakai terpal plastik berwarna hitam agar hampa oksigen.

3. Terjadi proses fermentasi; sampah organik membusuk dan menghasilkan gas metana (Ch4)

4. Gas metana disaring dari kotoran padat yang dikandung dan suhu distabilkan sesuai dengan spesifikasi mesin pembangkit

5. Gas metana yang dihasilkan ”bukit” sampah itu dialirkan melalui pipa untuk mengoperasikan mesin-mesin pembangkit listrik di areal tempat pembuangan sampah.

 

 

Ingin tau:

– Gas Metana Diserap menjadi Energi Listrik, see : http://www.alpensteel.com/article/56-110-energi-sampah–pltsa/2449-gas-metana-diserap-menjadi-energi-listrik.html

– Studi mengenai potensi tenaga listrik berbasis biogas dari sampah dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, dan Surabaya, Jawa Timur.

 

 

ntar yee guyss dilanjut lagi,, …

 

Perpisahan tanpa janji ‘kan kembali

Menurutmu, apa arti sebuah perpisahan?

Awal yang biasa,
menjadi hal yang biasa,
kemudian menjadi kebiasaan,
lama-lama tak biasa tanpanya,
kemudian dia hilang,
hanya meninggalkan bekas pada yang lain

Dimulai dengan tegur sapa,
disambut, dikenal, dan bercengkrama,
basa-basi, bercanda, saling berbagi,
setelah habis bahan omongan maka habislah pertemuan itu.

             Ditemui, diperhatikan, dikagumi, disayangi, dimanja,
             setelah semua hati telah diberi maka selesailah rasa itu.

Seperti berharap siang dan malam bersatu,
Seperti berharap api dan air bersatu,
Ya, seperti dia yang tak mau menyatukan dua yang beda.

Seperti ayah yang merindukan anaknya pulang,
Seperti burung yang takkan bertemu anak yang sudah bisa terbang,
Ya, seperti dia yang tak pasti kan kembali.

               bahkan hujan lebih baik darinya, karna dia ‘kan kembali ke awan,

               bahkan matahari sore lebih baik darinya, karna esok dia ‘kan bersinar lagi.

dia, hanyalah kata menyakitkan untuk didengar,
dia, dia tak bisa berjanji untuk kembali
karena ini adalah perpisahan.

sumber foto: http://www.desicomments.com/desi/goodbye/page/4/

This picture was submitted by Channi Phullewalia(Bagha purana)Punjab.

Listrik bisa padam karena Gempa yaaa?

Yoii,,,

Taukah kamu apa saja akibat dari gempa? The first one is: Tsunami. Yahh, it comes out ketika gempa terjadi di dasar laut. Itu yg paling fatal.

Akibat lain dari gempa adalah: bangunan roboh, kebakaran, jatuhnya korban jiwa, permukaan tanah menjadi merekat dan jalan menjadi putus, tanah longsor akibat guncangan, banjir akibat rusaknya tanggul, and so many else.

Tapi jangan lupa, biasanya sewaktu gempa, listrik sering padam. Kamu tau kenapa? Padamnya listrik terkadang disengaja untuk meminimalisir kerusakan dari pembangkit.

…*to be continued*…