Diklat Prajabatan mau mulai

Merasa senang sekali ketika tau aq lulus PLN. Puji Tuhan,, Dia emang baik, selalu baik, ya , Dia Allah. Thank God. Nyak Babe juga seneng banget, termasuk adek abang and temen2. Pokoknye Dia baikkk bangettttt.

Tiba saatnya memikirkan Diklat Prajabatan, yang kata temen, kita mesti nyiapin kemeja putih and bawahan (celana) item.

Begitu tau ada banyak persiapan, (and nantinya dilatih militer), maka yang pertama dilakukan, cari senior2 <yg pernah diklat prajabatan>. Tanya berapa lama diklat, apa yang dibutuhin, and ngapain aja, dll.

Moga nantinya berjalan lancar. Amin

=============================================================================================================================

Zeeppp,,, akhirnya Diklat juga.

Diklat Prajabatan PLN berlangsung:

1. Kesamaptaan

Sebelum kesamaptaan, kami berkumpul di Pusdiklat, untuk pengarahan. Tenang saja, di sanalah kita benar2 diarahkan, untuk membawa ini itu. Misalnya, pakaian putih hitam, baju dan sepatu sport, pantofel hitam, dasi hitam. Dan gak lupa, buat cowo, wajib pangkas rambut jadi botak. hehehe, (jadi kelihatan kembar tuh semua cowo).  ;p

Setelah hari pengarahan, maka kami berkumpul lagi di pusdiklat untuk diberangkatkan ke Lokasi Kesamaptaan (Batujajar, salah satu daerah Kopasus di Cimahi). Di sana kami bertemu dengan calon pegawai PLN dari Surabaya dan Palembang. And jumlah kami menjadi 535 peserta (kalo gak salah :D).

Batujajar oh Batujajar, benar-benar gak terlupakan. Selama 2 minggu dilatih kopasus, ya pastilah gak terlupakan. Bagun jam 4, langsung ke lapangan untuk senam. Mandi and langsung ke ruang makan sambil bawa cangkir dan sendok pribadi (udah pake pakaian rapi kecuali sabuk dan topi). Kadang sehabis makan harus jalan jongkok, hehehhe, lucu juga kalo diingat-ingat. Dan yang pasti., mau ke lokasi mana pun, gak boleh sembarangan, harus rapi baris-berbaris. Tiap hari ke lapangan untuk belajar baris-berbaris, trus ke ruang aula-aula untuk belajar kewarganegaraan, dll. Tapi tenang aja, semua bisa dilewati. Amin.

Yang paling diingat selama kesamaptaan adalah… jeng…zengg… hehehe. itu loh, Di Situlembang. Daerah hutan. Baru nyampe hutan, langsung nyebur dan merayap, katanya biar kenalan dengan alam. Wohoooo. Baju basah kering di badan, ditambah kondisi hutan yang membuat badan makin menggigil. Trus gak dikasi makan ampe sore (dilatih cari makan di hutan, termasuk berhadapan dengan ular, and makan ular), Tapi anehnya, pada sehat2 aja tuh. Mungkin karena dah terlatih di Batujajar. Dua hari satu malam, yang paling seru adalah malamnya. Tiap orang dengan modal sarung tangan dan tali yang sudah terikat dipohon-pohon, berjalan sendiri di hutan (ingat loh, kondisi malam-malam booo). Udah gitu ditakut-takutin and dikagetin ama pelatih. Rintangan banyak, rute juga panjang. Baru terasa seru setelah berhasil melewati semuanya. Seru juga buat diceritain, hehehe. Semoga semuanya bermanfaat.

 

2. Pengenalan Perusahaan

3 hari belajar mengenai PLN secara umum di PLN Kantor Pusat, Trunojoyo, Blok M, Jaksel. Nginap di Cengkareng. Baru tau, kenapa selama ini teman2 di SMU Plus Soposurung suka ngantuk kalo belajar. Ternyata kebanyakan latihan fisik (di Batujajar), membuat mata gampang terpejam (alias ngantuk fulll), hehehe, akhirnya ngerasain juga. Mungkin karena ngantuk parah, ampe gak konsentrasi selama 3 hari, wakakakak.. (jangan ditiru!!)

 

3. Pembidangan

2 minggu di Udiklat Semarang (khusus bagian teknik, kalo yg berhubungan dengan akutansi kalo gak salah di Udiklat Pandaan Surabaya, yang sekretaris di Cengkareng).

Di sini lebih santai tapi belajarnya lebih spesifik. Kita dibagi dalam beberapa kelas. Tiap hari belajar plus kuis, ada ujiannya gitu lah. Jadi mesti konsentrasi and banyak belajar memahami juga. Di sini kita makin kenal dekat dengan teman-teman seperjuangan. Canda tawa, and belajar disiplin bersama-sama. Ditambah lagi dengan tontonan tiap hari, melihat ulah dari teman-teman yang suka tampil (alias caper, wakakka). ada-ada saja memang…

Pengajar-pengajarnya adalah para senior (pegawai PLN yang sudah berpengalaman di bidangnya). Di pembidangan, kita bebas bertanya apapun mengenai PLN. Iseng-iseng nanya, malah nambah pengetahuan. Jadi banyak bertanya saja. (kalo gak berani, minta temen di sebelah yang nanyain, wkwkkw pengalaman ikiii..) 😀

 

4. OJT (On the Job Training)

Akhirnya, beneran kerja di Kantor PLN. Ya walau masih pemula. Hari pertama, berkumpul di ruang Divisi Talenta (TLN). Hari itu juga langsung meluncur ke ruangan tempat kita OJT. Dikasi tugas, buat aplikasi, kemudian dipresentasikan. Dalam waktu 6 bulan kemudian diangkat jadi Pegawai PLN.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s